SOAL UTBK BIOLOGI 2020 DAN PEMBAHASANNYA

 


 

Soal 1

Keanekaragaman hayati pada tingkat spesies yang berbeda genusnya ditunjukkan oleh kelompok organisme…

A. macan dan jaguar

B. tomat dan terung

C. hiu paus dan hiu putih besar

D. jalapeno dan paprika

E. ular sanca dan piton

Jawaban: C

Pembahasan:

Organisme-organisme berikut ini menunjukkan keanekaragaman hayati pada tingkat spesies yang masih satu genus.

Ular sanca dan ular piton

Kedua jenis ular ini termasuk dalam genus Phyton, tetapi di Indonesia nama yang umum digunakan adalah sanca.

Macan dan jaguar

Kedua jenis kucing besar ini termasuk dalam genus Panthera.

Tomat dan terung

Kedua sayuran ini termasuk dalam genus Solanum.

Jalapeno dan paprika

Kedua jenis cabai ini termasuk dalam genus Capsicum.

Spesies yang berbeda genus adalah hiu paus dan hiu putih besar. Hiu paus termasuk dalam genus Rhincodon, sedangkan hiu putih besar termasuk dalam genus Carcharodon. Keduanya masuk ke dalam kelas yang sama, yakni Chondrichthyes atau ikan bertulang rawan.

Jadi, keanekaragaman hayati pada tingkat spesies yang berbeda genusnya ditunjukkan oleh kelompok organisme hiu paus dan hiu putih besar.

Soal 2

Jamur air atau Oomycota tidak dikelompokkan ke dalam kingdom Fungi, tetapi dikelompokkan ke dalam kingdom Chromista. Hal ini karena…

A. dinding sel tersusun atas selulosa dan glikan

B. unisel dan tidak punya kloroplas

C. ada mastigoneme pada flagellanya

D. bersifat parasitik obligat

E. menghasilkan zoospora

Jawaban: A

Pembahasan:

Jamur air atau Oomycota memang tidak dikelompokkan ke dalam kingdom Fungi walau memiliki ciri yang sama seperti jamur lainnya, yakni tubuh berbentuk filamen dengan hifa senositik, reproduksi aseksual dengan zoospora, uniseluler, tidak punya kloroplas, dan bersifat saprofit juga beberapa parasitik. Pembeda Oomycota dengan jamur dari kingdom Fungi adalah dinding sel Oomycota yang tersusun atas selulosa dan glikan, sedangkan Fungi tersusun dari kitin.

Akan tetapi, struktur dinding sel Oomycota ini bukan penyebab ia dikelompokkan ke dalam kingdom Chromista. Flagella Oomycota yang terdapat mastigoneme atau rambut-rambut halus. Ciri flagella dengan mastigoneme ini merupakan ciri khas anggota kingdom Chromista.

Soal 3

Perhatikan gambar berikut.

Ciri tanaman pada gambar yang membedakannya dengan tanaman dari divisi lainnya adalah…

A. periode gametofit mendominasi

B. memiliki akar erupa rizoid

C. menghasilkan biji yang tidak dilindungi daun buah

D. transpor air melalui difusi pada sel-sel batang

E. termasuk trapchaeophyta berspora

Jawaban: E

Pembahasan:

Tanaman pada gambar merupakan suplir atau Adiantum. Tanaman ini termasuk ke dalam divisi Pterydophyta atau tumbuhan paku. Ciri-ciri memiliki akar serupa rizoid, periode gametofit mendominasi, dan transport air melalui difusi pada sel-sel batang adalah ciri-ciri tumbuhan lumut karena tumbuhan lumut merupakan thallophyta (tidak dapat dibedakan akar dan batangnya) dan atrachaeophyta (tidak berpembuluh).

Tanaman yang menghasilkan biji yang tidak dilindungi daun buah merupakan tanaman dari divisi Spermatophyta subdivisi Gymnospermae. Jadi, ciri tanaman tersebut yang membedakannya dengan tanaman lain adalah termasuk trachaeophyta (memiliki pembuluh) dan berspora. Ciri memiliki pembuluh membedakan tanaman paku dengan lumut, sedangkan berspora membedakan ciri tanaman paku dengan tumbuhan berbiji.

Soal 4

Etanol adalah bahan bakar alternatif yang harus dikembangkan karena bahan bakunya melimpah dan berharga murah. Produksi etanol dilakukan melalui fermentasi gula menggunakan Saccharomyces cerevisiae. Proses fermentasi atau peragian adalah proses perubahan kimia dalam suatu substrat organik yang dapat berlangsung karena aksi katalisator biokimia, yaitu enzim yang dihasilkan oleh mikroba-mikroba hidup tertentu. Proses fermentasi dapat dibedakan menjadi dua tingkatan, yaitu:



Peragian tingkatan pertama, berlangsung dalam keadaan aerob yang terlarut dan terjadi di permukaan. Fungsi tingkatan pertama adalah memperbanyak ragi. Reaksi yang berlangsung adalah:

C6H12O6 + 6O2 + 6CO2 + 6H2O + 36 ATP

Peragian tingkatan kedua, berlangsung dalam keadaan anaerob. Pada tahap ini, ragi atau khamir beserta enzimnya sudah cukup banyak oleh karena itu fermentasi berlangsung dengan reaksi berikut.

C6H12O6 + 2C2H5OH + 2CO2 + 2ATP

Substrat pada fermentasi etanol dapat menggunakan sukrosa ataupun glukosa. Akan tetapi laju penurunan substrat dan kenaikan etanol lebih besar bila menggunakan substrat glukosa daripada sukrosa. Berikut ini grafik penurunan kadar glukosa dan kenaikan etanol pada fermentasi.

Laju pembentukan etanol bila menggunakan glukosa dikatakan lebih cepat daripada sukrosa. Hal ini terjadi karena…

A. sukrosa harus dipecah terlebih dahulu menjadi gula sederhana

B. hasil glikolisis langsung membentuk alkohol bila menggunakan glukosa

C. enzim-enzim tak bekerja optimal bila substrat bukan gula

D. substrat sukrosa hanya menghasilkan 1 molekul etanol dari 1 molekul gula

E. penggunaan substrat glukosa tidak melalui tahap reduksi asam piruvat

Jawaban: A

Pembahasan:

Fermentasi merupakan katabolisme, yakni perombakan senyawa organik kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana. Proses fermentasi umumnya dilakukan oleh mikroba dan menghasilkan alkohol ataupun asam laktat dalam kondisi anaerob. Fermentasi etanol merupakan fermentasi yang menghasilkan alkohol yang melalui tahap berikut.

Glikolisis adalah perombakan 1 molekul glukosa hingga dihasilkan asam piruvat, 2 ATP, dan 2 NADH.

Reduksi asam piruvat menjadi 2 molekul asetaldehid dan karbondioksida.

Reduksi asetaldehid menjadi 2 molekul etanol.

Substrat pada fermentasi adalah gula, baik glukosa ataupun sukrosa. Akan tetapi, bila menggunakan sukrosa, gula disakarida ini harus dirombak atau disederhanakan terlebih dahulu sebelum memasuki tahap glikolisis. Hal inilah yang menyebabkan laju fermentasi alkohol bila menggunakan substrat sukrosa lebih lambat daripada glukosa. Jadi, laju fermentasi alkohol pada sukrosa lebih lambat daripada glukosa karena sukrosa harus dipecah terlebih dahulu menjadi gula sederhana.

Soal 5

Perhatikan gambar embrio tumbuhan berikut.

Informasi yang benar mengenai ketiga jaringan yang ditunjuk pada gambar tersebut adalah…



Jawaban: B

Pembahasan:

Gambar tersebut adalah gambar irisan embrio yang memperlihatkan jaringan promeristem. Informasi yang benar mengenai jaringan yang ditunjuk adalah sebagai berikut.

Jadi, informasi yang benar adalah (1) = protoderma, (2) = meristem dasar, dan (3) =  prokambium atau lihat pada tabel berikut.

Soal 6

Seorang pasien melakukan uji urine agar diketahui jenis penyakitnya. Berikut ini hasil uji urine pasien tersebut.

Keterangan:

Pada kondisi normal, berlaku syarat berikut.

pH: 4,6 – 8,0

Bilirubin: negatif

Glukosa: 0 – 0,8 mmol/L

Darah: negatif

Protein: negatif

Pasien tersebut kemungkinan mengalami sakit pada organ…

A. jantung

B. lambung

C. ginjal

D. hati

E. pankreas

Jawaban: D

Pembahasan:

Uji urine dapat digunakan untuk mendiagnosis berbagai penyakit pada tubuh. Penyakit pada organ ginjal, hati, pankreas, dan bahkan luka pada otak dapat dideteksi melalui uji urine. Ini karena urine membawa zat sisa dari darah. Keberadaan zat tertentu ataupun kondisi fisik dan kimiawi urine dapat menjadi pertanda adanya penyakit tertentu. Dari hasil uji urine pasien tersebut, hanya keberadaan bilirubin pada urine yang di luar normal. 

Bilirubin atau zat warna kuning kecoklatan yang diproduksi dari perombakan protein hemoglobin di eritrosit yang sudah tua oleh hati. Bilirubin kemudian akan dibawa oleh darah dan dikeluarkan melalui feses. Apabila kadar bilirubin terlalu tinggi, maka kulit, kuku, dan mata penderita akan berwarna kekuningan.Pada orang yang sehat, bilirubin normalnya tidak ditemukan di dalam urine. Adanya bilirubin di urine menunjukkan kadar bilirubin di darah sudah terlalu tinggi. Jumlah bilirubin yang berlebihan ini karena kerja hati yang tidak normal karena sel-sel hati mengalami infeksi atau peradangan, misalnya, diserang oleh virus hepatitis.

Jadi, berdasarkan hasil uji urine pasien tersebut, pasien itu kemungkinan menderita penyakit pada organ hati.

Soal 7

Ketika bunga berwarna merah (MM) disilangkan dengan bunga berwarna putih (mm) dan diperoleh keturunan berwarna merah muda (Mm), dengan demikian peristiwa yang terjadi adalah…

A. alel M tidak dominan sempurna

B. alel M tidak tampak jika berdiri sendiri

C. alel m epistasis terhadap M

D. gen warna bunga memiliki slrl lebih dari dua

E. alel M berinteraksi dengan alel lain yang juga dominan

Jawaban: A

Pembahasan:

Hasil persilangan tersebut memberikan keturunan yang membawa sifat kedua induk, yaitu merah muda. Padahal, alel M dominan terhadap m. Kondisi ini muncul karena alel M tidak dominan sempurna oleh karena itu sifat warna putih (m) turut terekspresikan ketika genotipenya heterozigot. Kondisi ini merupakan penyimpangan semu hukum Mendel yang disebut dengan dominansi tidak sempurna. Selain itu, contoh peristiwa ini bisa disaksikan pada persilangan bunga Mirabilis jalapa. Jadi, peristiwa tersebut terjadi karena alel M tidak dominan sempurna.

Soal 8

Pada tanah berkapur, tanaman yang tumbuh menunjukkan gejala makronutrien, yakni daun berwarna hijau kekuningan, klorosis pada tulang daun, dan daun berguguran. Tanaman tersebut mengalami defisiensi makronutrien, yaitu…

A. magnesium

B. kalium

C. fosfor

D. besi

E. sulfur

Jawaban: D

Pembahasan:

Tanah berkapur dapat terbentuk ketika larutan batuan kapur diserap oleh tanah. Tanah ini bersifat basa. Apabila basanya semakin kuat, terjadi defisiensi makronutrien oleh karena itu tidak cocok untuk pertumbuhan banyak jenis tanaman. Pada tanah yang basa, defisiensi makronutrien dapat terjadi pada nutrisi nitrogen, besi, tembaga, dan seng. Namun, defisiensi yang paling mencolok pada besi yang dapat mengakibatkan tanaman menunjukkan gejala daun berwarna hijau kekuningan, klorosis pada tulang daun, dan daun berguguran. Jadi, tanaman tersebut mengalami defisiensi besi. 

Jadi, tanaman tersebut mengalami defisiensi makronutrien, yaitu besi.

Soal 9

Komponen penyusun gading pada gajah juga dapat ditemui pada…

A. cula badak

B. kuku kuda

C. sisik plakoid hiu

D. tanduk rusa

E. tempurung kura-kura

Jawaban: C

Pembahasan:

Gading gajah merupakan gigi gajah yang memanjang dan tersusun atas dentin atau zat yang melapisi enamel gigi. Zat penyusun tanduk, kuku, dan cula bukanlah dentin, melainkan keratin. Selain itu, tempurung kura-kura juga tidak terbuat dari dentin, melainkan zat kitin. Jadi, komponen penyusun gading gajah juga terdapat pada sisik plakoid hiu, yakni sisik pada ikan bertulang rawan yang memiliki struktur serupa gigi.

Soal 10

Ensefalisasi adalah salah satu perubahan yang terjadi pada evolusi manusia. Akibat dari ensefalisasi adalah…

A. tulang ekor manusia menyusut

B. manusia jadi hidup di darat

C. tubuh manusia menjadi tegak

D. manusia memiliki kemampuan berbahasa

E. manusia berjalan dengan dua kaki

Jawaban: D

Pembahasan:

Ensefalisasi adalah perkembangan volume otak dibandingkan tubuh. Evolusi manusia tidak terlepas dari tahap ensefalisasi oleh karena itu volume otak manusia semakin membesar dan lebih besar daripada primata lainnya. Pertambahan volume otak ini dikatakan membuat kecerdasan pada manusia lebih baik oleh karena itu manusia memiliki beberapa kecerdasan antara lain kemampuan mengembangkan bahasa dan menggunakan api untuk mengolah makanan.

1 komentar :

  1. Keep in mind that the technique tables shown here are are|listed below are} just 카지노 사이트 for Jacks or Better and aren't legitimate for video games performed with wild cards corresponding to Joker Poker, Deuces Wild, Double Joker, and so on. Those video games make use of a completely completely different technique and it would be mistaken to make use of these methods for those kinds of machines. As an instance, a 9/6 Jacks or Better video poker machine has a 99.5 percent payback with perfect play. This implies that, theoretically, it will return $99.50 for every $100 performed within the machine, however only if the participant makes the right choice each time. The WinPoker app ($9.99 within the Apple store) is in style amongst aspiring video poker gamers trying to get an edge.

    BalasHapus

@templatesyard