Seputar UTBK 2021 dan SBMPTN 2021

Berikut adalah informasi yang bisa kamu gunakan sebagai gambaran mengenai bagaimana UTBK 2021 akan diadakan nanti.

Para siswa yang penuh semangat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baik yang sekarang duduk di kelas 12 maupun para praktisi gap year. Bagaimana sudah siap untuk menghadapi UTBK dan SBMPTN 2021 yang tidak lama lagi akan diadakan?

Buat para siswa kelas 12, tau ga sama istilah UTBK ? UTBK adalah Ujian Tertulis Berbasis Komputer yang hasilnya nanti digunakan untuk mengikuti SBMPTN. SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sederhananya, UTBK adalah ujannya dan SBMPTN adalah proses seleksinya. 

Perlu diketahui buat masuk ke PTN harus diselenggarakan seleksi yang salah satunya lewat SBMPTN ini? dikarenakan daya tampung PTN yang terbatas nih. Karena keterbatasan daya tampung itu, maka diselenggarakanlah seleksi. Tujuannya adalah untuk mendapatkan calon mahasiswa terbaik. 

Oleh karena ujian ini sifatnya seleksi, para siswa akan bersaing dengan banyak sekali peserta dari berbagai daerah dari seluruh penjuru Indonesia. Semangat, persaingan di UTBK dan SBMPTN itu sangat ketat. Setiap tahunnya kurang lebih hanya ada sekitar 20% an peserta yang lolos. Berikut adalah data keketatan persaingan SBMPTN tiga tahun terakhir.

   Jumlah Peserta        Jumlah        Diterima      Persentase

                                   SBMPTN 2018        860,001      165,831           19,28%

                                   SBMPTN 2019        714,652      168,742           23,61%

                                   SBMPTN 2020        702,420      167,563           23,86%

Hal yang sangat perlu ditekankan adalah UTBK ini adalah ujian seleksi. Ujian yang berbeda dengan ujian-ujian yang biasa di sekolah karena di sekolah kalian lebih sering bertemu dengan ujian evaluasi. Di ujian evaluasi, seperti PAS dan PTS. Ujian-ujian evaluasi ditujukan untuk menilai atau untuk memperbaiki kekurangan dan ketidakmampuan siswa. Jadi untuk menilai hasil pembelajaran selama di sekolah, diadakanlah PTS dan PAS. 

Sedangkan ujian seleksi, seperti UTBK ini, tujuannya adalah untuk menyaring peserta. Di sini kita batasi konteksnya di PTN saja. Dikarenakan kursi PTN itu terbatas, maka tidak semua siswa bisa kuliah di jurusan atau PTN yang diinginkannya. Kursi-kursi di PTN mesti diperebutkan sehingga tersaring anak-anak yang memang terbaik untuk menempuh pendidikan di PTN.

UTBK bukanlah satu-satunya jalan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri impian. Ada jalur lain bernama SNMPTN dan Ujian Mandiri. Dari jalur yang ada, SNMPTN memang bisa dibilang sebagai jalur paling asyik. Bagaimana tidak, kalian tidak perlu mengikuti ujian seleksi masuk sama sekali. Cukup mendaftarkan diri di universitas serta jurusan yang diimpikan dengan berbekal nilai rapor dan prestasi lainnya, kalian lalu tinggal menunggu hasilnya. Pertanyaannya adalah, apakah selama kalian menunggu pengumuman keluar waktu kalian dimanfaatkan untuk mempersiapkan diri untuk UTBK ataukah malah kalian gunakan untuk berandai-andai “nanti pas kuliah di kampus impian, aku akan melakukan ini dan itu”?

Berharap untuk bisa masuk kampus impian bukanlah hal yang salah. Kalau memang nilai rapor mendukung dan ada prestasi yang dapat mendongkrak peluang masuk, hal itu malah kedengarannya cukup realistis. Yang tidak disarankan adalah jika berharap masuk PTN lewat SNMPTN malah membuatmu terlalu berharap dan saking berharapnya kamu sampai malas belajar buat UTBK. 

SNMPTN tahun 2021, pendaftarannya :

  1. Akan dibuka pada tanggal 15-24 Februari 2021 
  2. Pengumumannya akan dilakukan pada 22 Maret 2021
  3. Sedangkan untuk UTBK dan SBMPTN-nya, pendaftaran dilakukan antara 15 Maret 2021 sampai 1 April 2021 dan ujiannya akan dimulai per tanggal 12 April 2021. 

Adapun untuk kuota daya tampung setiap program studi adalah dari SNMPTN paling sedikit 20%, UTBK/SBMPTN paling sedikit 40% dan seleksi mandiri paling banyak 30%. Dan khusus untuk PTN berbadan hukum, kuota SBMPTN minimum 30% dan mandiri paling banyak 50%. Dari situ kita bisa lihat kalau kuota SNMPTN memang tidak lebih banyak dari kuota UTBK/SBMPTN. So, hindari perilaku terlalu berharap ke SNMPTN yak teman-temanku. 

UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) adalah sebuah ujian berbasis komputer yang nilainya digunakan dalam SBMPTN. Selain untuk SBMPTN, nilai UTBK juga bisa digunakan sebagai bahan seleksi mandiri di beberapa PTN maupun PTS. Jadi kalau melihat dari tren tahun sebelumnya, ada beberapa PTN atau PTS yang membuka jalur seleksi mandiri tanpa tes lagi, melainkan cukup dengan menggunakan nilai UTBK.





Referensi :

https://www.zenius.net/blog/24693/seluk-beluk-utbk-dan-sbmptn-2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard