Kuku Jari Mendeteksi Kondisi Kesehatan Seseorang....

Kondisi Kesehatan Seseorang Dapat Diketahui Melalui Tampilan Kuku Jari
Tahukah Anda jika kuku jari dapat menunjukan kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan? Warna kuku yang pucat, putih, kuning, kemerahan bahkan hitam bisa menjadi pertanda adanya penyakit serius dalam tubuh loh.  Berikut beberapa jenis tampilan kuku jari  yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang.

1. Kuku Pucat
Kuku yang sangat pucat terkadang bisa menjadi tanda penyakit serius, seperti:
  1. Anemia
  2. Gagal jantung kongestif
  3. Penyakit hati
  4. Malnutrisi


2. Kuku Putih
Jika kuku sebagian besar berwarna putih dan pinggiran kuku berwarna yang lebih gelap, kemungkinan menjadi tanda adanya masalah hati, seperti hepatitis. Selain itu, warna kuning pada kuku jari juga merupakan pertanda lain adanya masalah hati.

3. Kuku Kuning
Salah satu penyebab paling umum dari kuku kuning adalah infeksi jamur. Ketika infeksi semakin memburuk kuku menebal dan pada akhirnya hancur. Dalam kasus yang jarang terjadi, kuku kuning dapat menunjukkan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid yang parah, penyakit paru-paru, diabetes atau psoriasis.

4. Kuku kebiruan
Kuku dengan warna kebiruan bisa berarti tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Kondisi seperti ini kemungkinan menunjukkan masalah paru-paru, seperti emfisema. Beberapa masalah jantung juga dapat dikaitkan dengan warna kuku kebiruan.

5. Kuku Keriting
Jika permukaan kuku keriting atau bergelombang, kemungkinan hal itu merupakan tanda tanda awal dari penyakit psoriasis atau radang sendi. Tanda tersebut diperkuat, jika terjadi perubahan warna kulit di bawah kuku yang menjadi berwarna coklat kemerahan.

6. Kuku Pecah-Pecah
Kuku kering dan rapuh yang sering retak atau pecah-pecah kemungkinan bisa menjadi tanda adanya penyakit tiroid. Namun jika kuku retak atau pecah disertai dengan warna kuning kemungkinan disebabkan karena infeksi jamur.

7. Lipatan kuku bengkak
Jika kulit di sekitar kuku tampak merah dan bengkak, hal tersebut merupakan tanda radang lipatan kuku. Peradangan pada lipatan kuku kemungkinan disebabkan oleh lupus atau gangguan jaringan ikat lainnya. Penyebab lainnya juga dapat diakibatkan adanya infeksi kuman yang menyebabkan lipatan kuku menjadi kemerahan dan radang.


8. Garis Gelap Dibawah Kuku
Garis-garis gelap di bawah kuku harus diselidiki sesegera mungkin. Kondisi terebut kemungkinan pertanda adanya jenis kanker kulit berbahaya yaitu melanoma.

9. Menggigiti Kuku
Menggigiti kuku kemungkinan hanyalah kebiasaan buruk biasa, namun dalam beberapa aksus hal itu merupakan pertanda kecemasan yang terus-menerus. Menggigiti kuku juga sering dikaitkan dengan gangguan obsesif-komplusif. Jika kebiasaan menggigiti kuku tidak dpaat dihentikan sebaiknya konsultasikan kondisi tersebut dnegan dokter.

Tidak Semua Kelainan Pada Penampilan Kuku Merupakan Tanda Penyakit Berbahaya
Meskipun perubahan tampilan kuku dapat mengindikasikan berbagai kondisi kesehatan, namun perubahan tersebut bukan tanda utama. Selain itu, banyak kelainan kuku juga bersifat tidak berbahaya. Sebagai contoh, tidak semua orang yang memiliki kuku putih menderita hepatitis. Jika Anda khawatir mengenai tampilan kuku Anda, segera kunjungi dokter atau dokter kulit untuk.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard