No.
Urut
|
KOMPETENSI
DASAR
|
BAHAN
KELAS
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
LEVEL
KOGNITIF
|
BENTUK
SOAL
|
No.
SOAL
|
1
|
3.2
Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia
beserta ancaman dan pelestariannya beserta ancaman dan pelestariannya
|
X
|
Keanekaragaman tingkat gen, spesies, ekosistem
|
Diberikan gambar
jenis-jenis makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan tingkat keanekaragaman hayati yang sesuai.
|
LK1
|
PG
|
1
|
2
|
3.3 Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi
makhluk hidup dalam lima kingdom
|
X
|
Ciri-ciri makhluk hidup dan perannya dalam
kehidupan
|
LK 1
|
PG
|
2
|
|
3
|
3.10 Menganalisis
komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut
|
X
|
Ekosistem
|
Disajikan beberapa
mahluk hidup dalam suatu ekosistem, peserta didik dapat menentukan urutan rantai
makanan yang terjadi di dalam kolam tersebut.
|
LK 1
|
PG
|
3
|
4
|
3.3 Menjelaskan
prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom
|
X
|
Prinsip klasifikasi tumbuhan
|
tumbuhan dalam satu
golongan,peserta
didik dapat mengidentifikasi dasar
pengelompokan tumbuhan tersebut ke dalam takson tertentu.
|
LK 2
|
PG
|
4
|
5
|
3.9 Mengelompokkan
hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh,
dan reproduksi
|
X
|
Prinsip
klasifikasi vertebrata
|
Disajikan data ciri-ciri hewan
vertebrata, peserta didik dapat mengelompokkan
hewan tersebut ke dalam takson tertentu.
|
LK 2
|
PG
|
5
|
6
|
3.10 Menganalisis
komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut
|
X
|
Aliran
energi dan daur materi pada ekosistem
|
LK 2
|
PG
|
6
|
|
7
|
3.10 Menganalisis
komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut
|
X
|
Jaring-jaring makanan
|
LK 3
|
PG
|
7
|
|
8
|
3.1 Menjelaskan
komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung
dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan
|
XI
|
Struktur dan fungsi jaringan pada
tumbuhan tinggi
|
Disajikan gambar
sayatan organ tumbuhan, peserta didik dapat menjelaskan fungsi jaringan tumbuhan yang ditunjuk.
|
LK 1
|
PG
|
8
|
9
|
3.3 Menganalisis
keterkaitan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada
hewan
|
XI
|
Struktur dan fungsi jaringan pada
manusia dan hewan vertebrata
|
Disajikan gambar
jaringan hewan, peserta didik dapat menjelaskanfungsi
jaringan hewan tersebut.
|
LK 1
|
PG
|
9
|
10
|
3.4 Menganalisis keterkaitan
antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan
|
XI
|
Sistem organ
(koordinasi)
|
Disajikan
gambar salah satu organ panca indera, peserta didik dapat menjelaskan fungsi bagian organ yang
ditunjuk.
|
LK 1
|
PG
|
10
|
11
|
3.1
3.4
Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan
fungsi organ pada hewan
|
XI
|
Sistem organ
(respirasi)
|
Disajikan tabel hasil
uji kapasitas udara pernapasan, peserta didik dapat menentukan volume udara pernapasan tertentu.
|
LK 1
|
PG
|
11
|
12
|
3.7
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem
pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang
dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia
|
XI
|
Mekanisme kerja sistem pencernaan
|
Disajikan grafik
tentang kerja enzim pada organ pencernaan,
peserta didik dapat mengidentifikasi kerja enzim tertentu di dalam
organ pencernaan
|
LK 2
|
PG
|
12
|
13
|
3.5 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan
penyusun organ pada sistem gerak dalam kaitannya dengan bioproses dan
gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem gerak manusia
|
XI
|
Mekanisme kerja sistem gerak
|
Disajikan
gambar kerja otot antagonis, peserta didik dapat menentukan
pasangan jenis kerja otot antagonis tersebut.
|
LK 2
|
PG
|
13
|
14
|
3.9
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem
ekskresi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat
terjadi pada sistem ekskresi manusia
|
XI
|
Gangguan/penyakit berdasarkan uji laboratorium
|
Disajikan data hasil
percobaan tentang faktor eksternal terhadap pertumbuhan dan perkembangan
tumbuhan, peserta didik dapat menyimpulkan
hasil percobaan tersebut.
|
LK 3
|
PG
|
14
|
15
|
3.6 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan
penyusun organ pada sistem sirkulasi dalam kaitannya dengan bioproses dan
gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem sirkulasi manusia
|
XI
|
Gangguan-gangguan pada sistem tubuh manusia
|
Disajikan data hasil uji laboratorium darah seseorang, peserta didik menganalisis jenis gangguan yang
terjadi pada tubuh manusia.
|
LK 3
|
PG
|
15
|
16
|
3.1 Menjelaskan pengaruh
faktor internal dan faktor eksternal terhadap pertumbuhan dan perkembangan
makhluk hidup
|
XII
|
Percobaan tentang faktor eksternal terhadap
pertumbuhadan perkembangan
|
LK
3
|
PG
|
16
|
|
17
|
3.5 Menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan
proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan
|
XI
|
Struktur dan fungsi
sel
|
LK 1
|
PG
|
17
|
|
18
|
1.2
3.4 Menganalisis
hubungan struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam penerapan prinsip
pewarisan sifat pada makhluk hidup
|
XII
|
Karakteristik DNA dan RNA
|
Disajikan diagram
metabolisme karbohidrat, peserta didik dapat mengidentifikasi salah satu tahapan dalam respirasi aerob.
|
LK1
|
PG
|
18
|
19
|
3.10 Menganalisis
prinsip-prinsip Bioteknologi dan penerapannya sebagai upaya peningkatan
kesejahteraan manusia
|
XII
|
Bioteknologi konvensional dan modern
|
Disajikan
gambar salah satu organ panca indera, peserta didik dapat menjelaskan fungsi bagian organ yang
ditunjuk.
|
LK1
|
PG
|
19
|
20
|
3.2 Menjelaskan
proses metabolisme sebagai reaksi enzimatis dalam makhluk hidup
|
XII
|
Mekanisme
reaksi katabolisme
|
Disajikan diagram
siklus Calvin-Bensonn, peserta didik dapat mengidentifikasi senyawa-senyawa yang terlibat dalam reaksi
tersebut.
|
LK2
|
PG
|
20
|
21
|
3.2 Menjelaskan
proses metabolisme sebagai reaksi enzimatis dalam makhluk hidup
|
XII
|
Mekanisme
reaksi anabolisme
|
Disajikan gambar
gametogenesis pada manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik sel hasil pembelahan pada tahapan
tertentu.
Disajikan
gambar gametogenesis pada manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik sel hasil pembelahan pada tahapan
tertentu.
|
LK2
|
PG
|
21
|
22
|
3.4 Menganalisis proses pembelahan sel sebagai
dasar penurunan sifat dari induk kepada keturunannya
|
XII
|
Pembelahan
sel
|
Disajikan gambar proses
transpor membran, peserta didik dapat menginterpretasikan
gambar perpindahan molekul.
|
LK2
|
PG
|
22
|
23
|
3.4.
Menganalisis proses pembelahan sel sebagai dasar penurunan sifat dari induk
kepada keturunannya
|
XII
|
Pembelahan
Sel
|
Disajikan beberapa
pernyataan tentang teori asal-usul kehidupan, peserta didik dapat menentukan dua buah data yang
termasuk teori abiogenesis atau biogenesis.
|
LK2
|
PG
|
23
|
24
|
1.3
3.3 Menganalisis
hubungan struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam penerapan prinsip
pewarisan sifat pada makhluk hidup
|
XII
|
Sintesis protein
|
Disajikan gambar
perubahan materi genetik, peserta didik dapat menentukan jenis mutasi yang terjadi.
|
LK2
|
PG
|
24
|
25
|
3.2 Menganalisis berbagai
bioproses dalam sel yang meliputi mekanisme transpor membran, reproduksi, dan
sistesis protein
|
XI
|
Transpor membran
|
LK 3
|
PG
|
25
|
|
26
|
3.2 Menjelaskan
proses metabolisme sebagai reaksi enzimatis dalam makhluk hidup
|
XII
|
Karakteristik enzim
|
LK3
|
PG
|
26
|
|
27
|
3.2 3.9 Menjelaskan teori, prinsip dan mekanisme evolusi
serta pandangan terkini para ahli terkait spesiasi
|
XII
|
Evolusi
|
LK1
|
PG
|
27
|
|
28
|
3.3 3.8 Menganalisis peristiwa mutasi pada makhluk hidup
|
XII
|
Mutasi gen
|
Peserta didik dapat menjelaskan prinsip evolusi yang
dikemukakan oleh salah satu tokoh evolusi.
|
LK1
|
PG
|
28
|
29
|
3.9 Menjelaskan teori, prinsip dan mekanisme
evolusi serta pandangan terkini para ahli terkait spesiasi
|
XII
|
Teori evolusi
|
LK1
|
PG
|
29
|
|
30
|
3.7.3.5 Menerapkan prinsip pewarisan sifat makhluk hidup
berdasarkan hukum Mendel
|
XII
|
Genetika Mendel
|
Disajikan persilangan
penyimpangan semu hukum Mendel, peserta didik dapat menghitung perbandingan fenotip keturunan yang dihasilkannya.
|
LK2
|
PG
|
30
|
31
|
3.6 Menganalisis pola-pola hereditas pada mahluk
hidup
|
XII
|
Pola Hereditas
|
Disajikan persilangan
dua organisme yang mengalami pautan, peserta didik dapat menghitung nilai pindah silang yang terjadi pada persilangan
tersebut.
|
LK2
|
PG
|
31
|
32
|
3.7 Menganalisis pola-pola hereditas pada manusia
|
XII
|
Hereditas
Manusia
|
Disajikan hasil
persilangan terpaut autosom dari sepasang suami istri, peserta didik dapat menentukan genotip dari kedua orang
tua tersebut.
|
LK2
|
PG
|
32
|
33
|
3.7 Menganalisis pola-pola hereditas pada manusia
|
XII
|
Pola Hereditas
|
Disajikan persilangan
terpaut gonosom pada manusia, peserta didik dapat menentukan persentase fenotip tertentu pada keturunannya.
|
LK2
|
PG
|
33
|
34
|
3.9 Menjelaskan teori, prinsip dan mekanisme
evolusi serta pandangan terkini para ahli terkait spesiasi
|
XII
|
Evolusi
|
Disajikan empat gambar
anggota gerak berbagai hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi dua buah organ yang menunjukkan homologi.
|
LK2
|
PG
|
34
|
35
|
3.7 Menganalisis pola-pola hereditas pada manusia
|
XII
|
Pola Hereditas
|
Disajikan peta silsilah tentang penyakit
terpaut gonosom, peserta didik dapat memprediksi
fenotip keturunan dari peta silsilah tersebut.
|
LK3
|
PG
|
35
|
36
|
3.11 Menganalisis data
perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan
|
X
|
Dampak dan cara mengatasinya
|
Disajikan
satu contoh kasus perubahan lingkungan, peserta didik dapat mengemukakan pendapat tindakan
perbaikan yang berdampak positif pada lingkungan.
|
LK 3
|
Uraian
|
36
|
37
|
3.6 Menganalisis hubungan
antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dalam kaitannya
dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem sirkulasi
manusia
|
XI
|
Mekanisme kerja sistem sirkulasi
|
Disajikan
gambar skema sistem peredaran darah manusia, siswa dapat mengurutkan aliran darah yang membawa gas tertentu.
|
LK 2
|
Uraian
|
37
|
38
|
3.2 Menjelaskan proses metabolisme
sebagai reaksi enzimatis dalam makhluk hidup
|
XII
|
Percobaan kinerja enzim
|
Disajikan
tabel hasil percobaan pengaruh suhu terhadap kerja enzim, peserta didik dapat
merancang percobaan (rumusan
masalah, variabel bebas dan terikat, hipotesis, alat dan bahan, cara kerja).
|
LK 3
|
Uraian
|
38
|
39
|
3.9 Menjelaskan teori, prinsip dan mekanisme evolusi serta
pandangan terkini para ahli terkait spesiasi
|
XII
|
Teori evolusi
|
Disajikan
persilangan dihibrid penuh, peserta didik dapat menghitung persentase fenotip tertentu berdasarkan hukum Mendel.
|
LK2
|
Uraian
|
39
|
40
|
3.5 Menerapkan prinsip pewarisan sifat makhluk
hidup berdasarkan hukum Mendel
|
XII
|
Genetika Mendel
|
LK2
|
Uraian
|
40
|
Kisi-Kisi USBN BIOLOGI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar