KISI-KISI USBN BIOLOGI 2018

Kisi-Kisi USBN BIOLOGI



No. Urut
KOMPETENSI DASAR
BAHAN
KELAS
MATERI
INDIKATOR SOAL
LEVEL KOGNITIF
BENTUK
SOAL
No.
SOAL


1
3.2    Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya beserta ancaman dan pelestariannya


X
Keanekaragaman tingkat gen, spesies, ekosistem
Diberikan gambar jenis-jenis makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan tingkat keanekaragaman hayati yang sesuai.





LK1


PG


1


2
3.3     Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom
X
Ciri-ciri makhluk hidup dan perannya dalam kehidupan

LK 1
PG


2


3
3.10 Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut
X
Ekosistem

Disajikan beberapa mahluk hidup dalam suatu ekosistem, peserta didik dapat menentukan urutan rantai makanan yang terjadi di dalam kolam tersebut.
LK 1
PG


3


4
3.3 Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom
X
Prinsip klasifikasi tumbuhan
tumbuhan dalam satu golongan,peserta didik dapat mengidentifikasi dasar pengelompokan tumbuhan tersebut ke dalam takson tertentu.
LK 2
PG


4


5
3.9 Mengelompokkan hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh, dan reproduksi
X
Prinsip klasifikasi vertebrata
Disajikan data ciri-ciri hewan vertebrata, peserta didik dapat mengelompokkan hewan tersebut ke dalam takson tertentu.
LK 2
PG


5


6
3.10 Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut
X
Aliran energi dan daur materi pada ekosistem

LK 2
PG


6


7
3.10 Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut
X
Jaring-jaring makanan

LK 3
PG


7


8
3.1 Menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan
XI
Struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan tinggi
Disajikan gambar sayatan organ tumbuhan, peserta didik dapat menjelaskan fungsi jaringan tumbuhan yang ditunjuk.
LK 1
PG


8


9
3.3 Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan
XI
Struktur dan fungsi jaringan pada manusia dan hewan vertebrata
Disajikan gambar jaringan hewan, peserta didik dapat menjelaskanfungsi jaringan hewan tersebut.
LK 1
PG


9


10
3.4 Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan
XI
Sistem organ (koordinasi)
Disajikan gambar salah satu organ panca indera, peserta didik dapat menjelaskan fungsi bagian organ yang ditunjuk.
LK 1
PG


10


11
3.1  3.4 Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan
XI
Sistem organ (respirasi)
Disajikan tabel hasil uji kapasitas udara pernapasan, peserta didik dapat menentukan volume udara pernapasan tertentu.
LK 1
PG


11


12
3.7 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia
XI
Mekanisme kerja sistem pencernaan
Disajikan grafik tentang kerja enzim pada organ pencernaan,  peserta didik dapat mengidentifikasi kerja enzim tertentu di dalam organ pencernaan
LK 2
PG


12


13
3.5 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem gerak manusia
XI
Mekanisme kerja sistem gerak
Disajikan gambar kerja otot antagonis, peserta didik dapat  menentukan pasangan jenis kerja otot antagonis tersebut.
LK 2
PG


13


14
3.9 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem ekskresi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia
XI
Gangguan/penyakit berdasarkan uji laboratorium
Disajikan data hasil percobaan tentang faktor eksternal terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan tersebut.
LK 3
PG


14


15
3.6 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem sirkulasi manusia
XI
Gangguan-gangguan pada sistem tubuh manusia
Disajikan data hasil uji laboratorium darah seseorang, peserta didik menganalisis jenis gangguan yang terjadi pada tubuh manusia.
LK 3
PG


15


16
3.1 Menjelaskan pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup


XII
Percobaan tentang faktor eksternal terhadap pertumbuhadan perkembangan



LK 3


PG


16


17
3.5  Menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan
XI
Struktur dan fungsi sel

LK 1
PG


17


18
1.2              3.4 Menganalisis hubungan struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam penerapan prinsip pewarisan sifat pada makhluk hidup
XII
Karakteristik DNA dan RNA
Disajikan diagram metabolisme karbohidrat, peserta didik dapat mengidentifikasi salah satu tahapan dalam respirasi aerob.
LK1
PG
18


19
3.10 Menganalisis prinsip-prinsip Bioteknologi dan penerapannya sebagai upaya peningkatan kesejahteraan manusia
XII
Bioteknologi konvensional dan modern
Disajikan gambar salah satu organ panca indera, peserta didik dapat menjelaskan fungsi bagian organ yang ditunjuk.
LK1
PG
19


20
3.2 Menjelaskan proses metabolisme sebagai reaksi enzimatis dalam makhluk hidup
XII
Mekanisme reaksi katabolisme
Disajikan diagram siklus Calvin-Bensonn, peserta didik dapat mengidentifikasi senyawa-senyawa yang terlibat dalam reaksi tersebut.
LK2
PG
20


21
3.2 Menjelaskan proses metabolisme sebagai reaksi enzimatis dalam makhluk hidup
XII
Mekanisme reaksi anabolisme
Disajikan gambar gametogenesis pada manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik sel hasil pembelahan pada tahapan tertentu.
Disajikan gambar gametogenesis pada manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik sel hasil pembelahan pada tahapan tertentu.
LK2
PG


21


22
3.4  Menganalisis proses pembelahan sel sebagai dasar penurunan sifat dari induk kepada keturunannya
XII
Pembelahan sel
Disajikan gambar proses transpor membran, peserta didik dapat menginterpretasikan gambar perpindahan molekul.
LK2
PG


22


23
3.4. Menganalisis proses pembelahan sel sebagai dasar penurunan sifat dari induk kepada keturunannya
XII
Pembelahan Sel
Disajikan beberapa pernyataan tentang teori asal-usul kehidupan, peserta didik dapat menentukan dua buah data yang termasuk teori abiogenesis atau biogenesis.
LK2
PG


23


24
1.3              3.3 Menganalisis hubungan struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam penerapan prinsip pewarisan sifat pada makhluk hidup
XII
Sintesis protein
Disajikan gambar perubahan materi genetik, peserta didik dapat menentukan jenis mutasi yang terjadi.
LK2
PG


24


25
3.2 Menganalisis berbagai bioproses dalam sel yang meliputi mekanisme transpor membran, reproduksi, dan sistesis protein
XI
Transpor membran

LK 3
PG
25


26
3.2 Menjelaskan proses metabolisme sebagai reaksi enzimatis dalam makhluk hidup
XII
Karakteristik enzim

LK3
PG


26


27
3.2  3.9 Menjelaskan teori, prinsip dan mekanisme evolusi serta pandangan terkini para ahli terkait spesiasi
XII
Evolusi

LK1
PG
27


28
3.3  3.8 Menganalisis peristiwa mutasi pada makhluk hidup
XII
Mutasi gen
Peserta didik dapat menjelaskan prinsip evolusi yang dikemukakan oleh salah satu tokoh evolusi.
LK1
PG
28


29
3.9 Menjelaskan teori, prinsip dan mekanisme evolusi serta pandangan terkini para ahli terkait spesiasi
XII
Teori evolusi

LK1
PG
29


30
3.7.3.5 Menerapkan prinsip pewarisan sifat makhluk hidup berdasarkan hukum Mendel
XII
Genetika Mendel
Disajikan persilangan penyimpangan semu hukum Mendel, peserta didik dapat menghitung perbandingan fenotip keturunan yang dihasilkannya.
LK2
PG
30


31
3.6 Menganalisis pola-pola hereditas pada mahluk hidup
XII
Pola Hereditas
Disajikan persilangan dua organisme yang mengalami pautan, peserta didik dapat menghitung nilai pindah silang yang terjadi pada persilangan tersebut.
LK2
PG
31


32
3.7 Menganalisis pola-pola hereditas pada manusia
XII
Hereditas Manusia
Disajikan hasil persilangan terpaut autosom dari sepasang suami istri, peserta didik dapat menentukan genotip dari kedua orang tua tersebut.
LK2
PG
32


33
3.7 Menganalisis pola-pola hereditas pada manusia
XII
Pola Hereditas
Disajikan persilangan terpaut gonosom pada manusia, peserta didik dapat menentukan persentase fenotip tertentu pada keturunannya.

LK2
PG
33


34
3.9 Menjelaskan teori, prinsip dan mekanisme evolusi serta pandangan terkini para ahli terkait spesiasi
XII
Evolusi
Disajikan empat gambar anggota gerak berbagai hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi dua buah organ yang menunjukkan homologi.
LK2
PG
34


35
3.7 Menganalisis pola-pola hereditas pada manusia
XII
Pola Hereditas
Disajikan peta silsilah tentang penyakit terpaut gonosom, peserta didik dapat memprediksi fenotip keturunan dari peta silsilah tersebut.
LK3
PG
35


36
3.11 Menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan
X
Dampak dan cara mengatasinya
Disajikan satu contoh kasus perubahan lingkungan, peserta didik dapat mengemukakan pendapat tindakan perbaikan yang berdampak positif pada lingkungan.
LK 3
Uraian


36


37
3.6 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem sirkulasi manusia
XI
Mekanisme kerja sistem sirkulasi
Disajikan gambar skema sistem peredaran darah manusia, siswa dapat mengurutkan aliran darah yang membawa gas tertentu.
LK 2
Uraian


37

38
3.2  Menjelaskan proses metabolisme sebagai reaksi enzimatis dalam makhluk hidup
XII
Percobaan kinerja enzim
Disajikan tabel hasil percobaan pengaruh suhu terhadap kerja enzim, peserta didik dapat merancang percobaan (rumusan masalah, variabel bebas dan terikat, hipotesis, alat dan bahan, cara kerja).
LK 3
Uraian


38


39
3.9  Menjelaskan teori, prinsip dan mekanisme evolusi serta pandangan terkini para ahli terkait spesiasi
XII
Teori evolusi
Disajikan persilangan dihibrid penuh, peserta didik dapat menghitung persentase fenotip tertentu berdasarkan hukum Mendel.
LK2
Uraian
39


40
3.5 Menerapkan prinsip pewarisan sifat makhluk hidup berdasarkan hukum Mendel
XII
Genetika Mendel

LK2
Uraian
40

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard