Bukti Ilmiah TANGAN KANAN....

Bukti Ilmiah Kenapa Kita Harus Makan dengan Tangan Kanan


Sebuah hadist Nabi Muhammad saw yang diriwayatkan oleh M0slim, Rasulullah mengatakan bahwa apabila seseorang hendak makan, maka akan sangat dianjurkan makan dengan tangan kanan dan bila minum, minumlah juga dengan tangan kanan karena setan makan dengan tangan kiri dan minum pun juga dengan tangan kiri.


Kenapa makan harus menggunakan tangan kanan?

Berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh M0slim, dapat kita ambil kesimpulan bahwa makan dan minum harus menggunakan tangan kanan. Tidak diperbolehkan makan dan minum dengan tangan kiri. Namun, apa sebenarnya alasan nabi Muhammad menyuruh umatnya untuk makan dan minum dengan tangan kanan. Berikut ini adalah alasan-alasannya.

1. Lebih menyehatkan

Makan dengan tangan kanan lebih menyehatkan dibandingkan tangan kiri, karena tangan kanan secara ilmiah telah terbukti memiliki enzim RNAse yang dapat mengikat bakteri. Dengan enzim ini, bakteri akan terbatas aktivitasnya ketika masuk bersama makanan ke sistem pencernaan.

Makan dengan tangan secara langsung bukanlah metode makanan yang dianggap jorok selama ini, tapi dengan tangan kanan bisa membersihkan makanan dari bakteri yang mungkin menginfeksi tubuh. Tangan kanan adalah pembersih makanan alami yang ada di anggota tubuh. Sangat sayang sekali jika tangan kanan tidak digunakan untuk membersihkan makanan dari bakteri berbahaya.

Sebagai tambahan bahwa makan dengan tangan kanan juga harus menggunakan tiga jari (jempol, jari telunjuk, dan jari tengah). Ini bertujuan agar makanan yang disuap dalam jumlah yang kecil. Jika jumlah nya kecil, maka makanan akan sangat mudah bercampur dengan air liur untuk menetralkan dan mematikan bakteri oleh enzim ptialin yang ada di air liur. Baca juga Peran Mulut Untuk Pencernaan Makanan

2. Menjaga kesehatan otak bagian kiri

Otak manusia memiliki 2 belahan otak yang sering disebut hemispher. Hemespher ini terbagi menjadi 2, yaitu hemesper kiri dan hemespher kanan. Bagian tubuh yang kanan dikontrol oleh hemespher kiri, dan tubuh bagian kiri dikontrol oleh hemespher kanan. Jadi dengan makan pakai tangan kanan, maka tangan kanan akan menstimulasi hemespher kiri.

Perlu diketahui bahwa hemespher kiri adalah otak bagian kiri yang berfungsi sebagai pengatur bahasa, pikiran rasional, dan kecerdasan.  Otak kiri juga mengatur emosi positif yang ada pada diri seseorang. Kajian ilmiah menunjukan bahwa aktivitas otak kiri lebih aktif jika seseorang berada dalam kondisi ramah, riang, dan emosi positif lainnya. Artikel terkait Terapi Alquran untuk Penyakit Fisik dan Mental

Makan dengan tangan kanan berarti melatih kemampuan berbahasa, meningkatkan pikiran logis, dan mengasah kecerdasan, termasuk menjadikan emosi menjadi lebih positif. Otak kiri akan lebih dominan dibandingkan dengan otak kanan. Artikel terkait Otak Manusia Luar Biasa

Otak kiri secara umum diketahui memiliki fungsi kreatifitas, musik, dan abstrak-abstrak lainnya. Di lain sisi otak kanan itu sendiri adalah otak yang kebanyakannya mengatur emosi. Jadi jika Anda makan dengan tangan kiri, maka emosi Anda mungkin akan menjadi tidak begitu stabil. Entah itu akan menjadi sifat yang negatif nantinya. Artikel terkait Kelebihan Otak Penari dan Pemusik.

Kesimpulan

Jadi makan dengan tangan kanan bisa menyehatkan dan membantu proses pencernaan. Makan dengan tangan kanan juga mampu meningkatkan kemampuan otak agar lebih cemerlang di bidang bahasa, pemikiran rasional, dan meningkatkan kecerdasan (IQ).

Selalu diingat bahwa makan menggunakan tangan kanan tidak akan ada manfaatnya jika sebelum makan Anda tidak mencuci tangan terlebih dahulu, tidak menjaga kebersihan kuku, dan tidak menggunakan tiga jari saat menyuap makanan. Makan dengan tangan kanan secara langsung memang menyehatkan, tapi Anda tidak akan sehat jika Anda tidak menjaga kebersihan tangan kanan Anda.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard